Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Rabu, 14 Maret 2012

Memperbaiki Stik PS2 Sendiri



Bagi yang memiliki PS2 , mungkin hal yang paling sering rusak adalah stik-nya . Kalau hari-hari rusak , dan tiap sebentar harus bawa ke bengkel atau beli yang baru lagi kan perlu biaya . Apalagi yang memiliki usaha rental PS2 , rata-rata dua minggu stik sudah mengalami kerusakan . Jadi untuk menekan biaya operasional , alangkah baiknya kalau kita bisa memperbaikinya sendiri .Sebenarnya kerusakan-kerusakan stik tersebut tidaklah parah atau boleh kita bilang kerusakan ringan , jadi kalau kita kreatif maka kita kita bisa memperbaiki sendiri tanpa perlu bawa ke tukang servis .

Peralatan yang diperlukan
1.Multitester
2.Solder
3.Pengisap timah
4.Obeng plus yang kecil
5.Timah dan minyak solder

Sebelum kita memperbaikinya , maka kita perlu mengenali kerusakan stik tersebut terlebih dulu dan biasanya yang sering rusak adalah : Tombol sebagian tidak berfungsi , analog kiri atau kanan rusak ,dan kabel stik ada yang putus .

- Tombol sebagian tidak berfungsi
Kalau ini kerusakanya , anda hanya tinggal mengganti karet PAD yang ada di bawah tombol tersebut .Tapi kalau anda masih ingin menggunakan karet PAD yang lama maka anda perlu menggosok karbon yang ada pada karet tersebut dengan Alkohol 70% pakai kain sampai tidak mengkilat lagi , karena karet yang sudah lama dipakai biasanya tampak licin dan mengkilat . Jadi kalau jenis kerusakannya ini mungkin semua bisa memperbaikinya , tanpa perlu dibawa ke tukang servis , karena peralatan yang di butuhkan cuma obeng plus kecil .

- Analog kiri atau kanan rusak
Kalau analog kiri yang rusak , dapat diketahui waktu kita memainkan game , objek yang kita mainkan mau bergerak-gerak sendiri baik itu kekiri atau kekanan dan adakalanya tidak bisa kita garakan sama sekali . Untuk kerusakan analog kanan dapat kita ketahui yaitu waktu memainkan game area game berputar sendiri .
Jadi kalau kerusakan ini kita perlu menggunakan Solder dan Pengisap Timah untuk melepaskan timah pada kaki-kaki Anolog yang rusak tersebut , kemudian cabut Analog-nya , ganti dengan yang baru , dan solderkan kembali .
Tapi sebelum mengganti Analog , perlu di check terlebih dahulu Kabel Pita yang menuju ke PCB Analog pakai Multitester , kerana kalau Kabel ini ada yang putus atau lepas salah satunya , maka gejala rusak seperti yang saya sebutkan tadi juga bisa terjadi padahal kedua analognya masih bagus . Jadi pastikan bahwa Kabel Pita ini tidak ada yang putus atau lepas sebelum mengganti Analognya . Seandainya Kabel Pita ini ada yang putus atau lepas maka sambung atau pasang kembali dan tidak usah ganti Analog .

- Kabel Stik ada yang putus
Kabel Stik ini terdiri dari delapan kabel kecil-kecil yang berwarna , jadi kalau salah satu kabel ada yang putus maka stik ini tidak bisa kita gunakan . Cara mengetahuinya , yaitu waktu main game tiba-tiba layar TV kita gelap dan ada indikasi tulisan " controler " atau sama dengan indikasi waktu kita main dengan stik yang bagus tiba-tiba stiknya kita cabut .
Jadi kalau ini kerusakanya , maka anda lepaskan kabel dari PCB pakai Solder dan sebelumnya catat terlebih urutan warna kabal yang menempel pada PCB . Setelah lepas ,anda potong kabel tersebut lebih kurang satu jengkal dari ujung yang dilepas tadi , kemudian check kabel tersebut pakai Multitester dan kalau tidak ada lagi yang putus maka kabel tersebut bisa anda pasang kembali sesuai dengan urutan warna yang anda catat sebelumnya . Tapi kalau masih ada yang putus , maka kabel tersebut anda buang dan ganti yang baru . Untuk mensolderkan kabel ke PCB ,kalau anda kesulitan memasukan kelobang-lobang kabel PCB ,maka anda bisa langsung mensolderkanya dari belakang tanpa melalui lobang yang penting urutan warna kabelnya jangan salah .

Sekian dulu dari saya , sebenarnya masih ada lagi kerusakan-kerusakan lainnya ,tapi yang saya uraikan di atas itulah yang paling sering terjadi ,berdasarkan pengalaman saya selama ini . Semoga bermanfaat bagi kita semua ..

Dan bagi anda yang berada atau yang berdomisili di daerah PERAWANG-RIAU kalau ada yang memerlukan aksesoris PS 2 maka bisa datang ketempat saya :

Di Jln. GAJAH TUNGGAL samping Kantor HKBP
Stik PS 2                  1 Pc    :   Rp 32000
Kaset PS 2                 1 Pc    :   Rp 6000
Kabel Stik                 1 Pc    :   RP 6000
Analog                     1 Pc    :   Rp 5000
Karet PAD stik ( putih )   1 set   :   RP 2000
Karet PAD stik ( warna )   1 set   :   RP 2500



REZPEN ELTHA PUTRA


5 komentar:

  1. bro. kalau pasang kabel baru apa harus warnanya urut kayak pertama,, kalau ngak urut kenapa brooo...

    BalasHapus
  2. kemaren aku udah nyoba .. tapi aku lupa urutan kabelnya ... kok kagak bisa brooo

    BalasHapus
  3. makasih mas infonya... :)

    BalasHapus
  4. brow sy habis ganti kabel stik yg biasa,kenapa analog lari ke arah bawa trus padaha sebelum di ganti arah arahnya bagus cuma sering kontroler mohon solusinya brow

    BalasHapus

Popular Posts

Ada kesalahan di dalam gadget ini
powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme