Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Selasa, 17 April 2012

Cara Mengatasi PS2 Tidak Bisa Baca Disc




Baiklah kali ini saya akan membahas tentang permasalahan yang sering terjadi pada PS2 yang tebal yaitu tidak bisa baca disc dan cara mengatasinya . Tapi yang akan saya jelaskan yaitu permasalahan yang bisa anda atasi sendiri atau servis sendiri sebelum membawa ke tukang servis .

Peralatan yang di butuhkan     :
   - Obeng plus besar                                                                              
   - Obeng plus kecil
   - Obeng  minus
   - Cutton bud / anak korek api dan
      gulungkan kapas pembersih di ujungnya
   - Alcohol 70%    dan  
   - Pelumas ( saya menggunakan minyak makan )

Tidak Bisa Baca Disc


Semua kaset yang anda masukan ke PS2 anda tidak satupun yang bisa dibaca console dan di layar TV selalu keluar tulisan Browser . Jadi kalau ini permasalahanya , maka yang  bisa anda lakukan :

Langkah Pertama
- Bersihkan optic
- Beri pelumas rell optic dan ulir as motor penggerak optic .

Balikan posisi PS anda , kemudian buka penutup baut dan lepaskan semua bautnya .
Kemudian kembalikan ke posisi semula , angkat cover bagian belakang dan dorong kedepan sedikit
Setelah cover terbuka  , hidupkan power dan keluarkan tray dengan menekan tombol eject  ( posisi tempat masukan kaset keluarkan )
Buka kedua baut penutup tray dan congkel pakai
obeng minus untuk melepaskan kaitan penahan bagian belakang .
Setelah penutup traynya terbuka ,maka anda dapat melihat dengan jelas lensa optic-nya , kemudian anda ambil anak korek api yang ujungnya pakai kapas , celupkan kedalam cairan alcohol (jangan terlalu basah ) , lalu gosokan ke lensa optic secara perlahan -lahan kurang lebih 20 detik . Kemudian ulangi dangan kapas yang kering .

Selanjutnya anda bersihkan juga magnet yang ada pada bagian tengah penutup tray .

Kemudian coba anda  periksa rumah optic apa bisa digerakan maju mundur dengan leluasa dan lancar pada rellnya dan untuk menggerakanya perlu sedikit tenaga karena motor dalam keadaan mati . Pada saat menggerakanya tidak ada yang menahan atau ringan saja , berarti gigi plat tipis yang menempel ke as motor yang pakai ulir sudah habis (kalau ini sering saya alami ,dan bahkan plat ini pernah saya jumpai patah /jadi tinggal ganti plat ini aja ,ok ) , selanjutnya jangan lupa memberi pelumas pada kedua rell optic dan ulir as motor penggerak optic .
Untuk langkah pertama selesai , anda pasang kembali tutup tray , pasang kabel power dan untuk tombol eject cukup anda tempelkan ,lalu tes pakai kaset . Kalau berhasil dalam artian PS anda sudah bisa baca kaset , maka tugas anda selesai sampai disini , pasang baut penutup tray kembali , pasang cover dan bautnya .OK......Namun kalau tidak berhasil , maka keluarkan kaset kembali ,buka tutup tray , kita masuk kelangkah kedua ..




Langkah kedua
- Stell arah sudut lensa terhadap disc

Pada langkah ini yang akan kita lakukan adalah mengatur ulang posisi sudut arah lensa terhadap disc dengan cara memutar roda gigi putih yang ada pada kedua ujung rell optic sebelah belakang .
Putarlah roda gigi putih tersebut dengan obeng (-) kecil  atau langsung pakai tangan anda ( kalau pakai tangan harus dilepas dulu penahan rellnya ) dan anda boleh memilih mau  putar roda gigi yang di ujung rell sebelah kiri dulu atau sebelah kanan terserah anda mana yang duluan . Sebelum anda putar tandai terlebih dahulu dengan spidol posisi awal roda gigi tersebut , untuk memudah kan anda kembali ke posisi semula .
Setelah anda tandai anda bebas memutar roda gigi tersebut kekiri atau kekanan dengan jarak sekali putaran cukup satu gigi saja .Disetiap putaran yang anda lakukan cobalah tes PS anda pakai kaset , sampai game anda bisa di load lagi seperti sedia kala . Kalau tidak berhasil pada satu roda gigi , maka kembalikan roda gigi tersebut ke possi awal dan coba roda gigi yang satu lagi . Dan juga boleh sama-sama diputar keduanya .
Pada setiap putaran akan merubah posisi dudukan rell optic , anda putar kekiri makin naik ,kalau kekanan makin turun , jadi hal tersebut akan mempengaruhi arah sudut lensa terhadap disc . Pada langkah ini memerlukan kesabaran anda ..



Kalau kedua langkah tersebut diatas telah anda lakukan tapi belum juga berhasil , maka cukup sampai di situ dan untuk langkah selanjut nya serahkan ke yang ahlinya , karena bisa jadi stellan -stellan yang anda lakukan belum pas atau optic PS anda sudah rusak dan perlu diganti ( mengenai cara mengganti optic PS2 tidak saya jelaskan disini mungkin lain kali di lain postingan akan saya jelaskan )



Sekian dulu dari saya .....
Apa yang saya uraikan diatas adalah kerusakan umum yang sering terjadi dan sebenarnya bisa kita atasi sendiri sebelum dibawa ke tukang servis .Disini saya langsung memperlihatkan gambar supaya lebih mudah di pahami .
Dan untuk nama- nama atau istilah yang saya gunakan  kalau tidak sesuai dengan nama yang sebenarnya , atau tindakan perbaikan yang saya lakukan tidaklah yang seharusnya maka saya mohon maaf , karena itulah yang saya ketahui dan yang pernah saya lakukan

Wassalam  .......REZPEN ELTHA PUTRA  ( Perawang  -  Siak  -  Riau )



8 komentar:

  1. Bang, bisa kasih tutorial cara pasang pita optik nya?

    BalasHapus
  2. salam dari taluk kuantan bos...mokasi infonya.

    BalasHapus
  3. gan, dulu ps 2 saya sering saya mainin kaset yang agak rusak, sekarang optiknya malah rusak, kalau itu gimana?

    BalasHapus
  4. Gan kabel yg warna orange di optik itu namanya app

    BalasHapus
  5. kalau kasus yang sama Ps2 tapi yg pakai HDD caranya bagaimana Kang?

    BalasHapus
  6. Bang, PS2 tipis aku sulit baca disc atau kalau disc PESnya di putar, pertama di bacanya, terus keluar perintah insert disc dan disuruh periksa versi psnya, gimana tu bang? Oh ya ps2 slim lho.

    BalasHapus
  7. bang kenapa setelah itu kasetnya keluar sendiri bang ???? tolong bantuannya

    BalasHapus
  8. kalau yang slim gmn bang please bikin tutor nya jg donk ngeri kalau coba" sendiri

    BalasHapus

Popular Posts

Ada kesalahan di dalam gadget ini
powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme